Senin, 03 Maret 2014

BIOKIMIA: ANALISIS KOMPOSISI PRODUK MAKANAN


BAB I
PENDAHULUAN

Dalam kehidupan sehari-hari kita melakukan aktivitas. Untuk melakukan aktivitas itu, kita memerlukan energi yang dapat diperoleh dari bahan makanan yang kita makan. Pada umumnya bahan makanan itu mengandung tiga kelompok utama senyawa kimia, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak.
Karbohidrat adalah senyawa karbon yang mengandung sejumlah besar gugus hidroksil. Karbohidrat paling sederhana bisa berupa aldehid (disebut polihidroksialdehid atau aldosa) atau berupa keton (disebut polihidroksiketon atau ketosa). Protein adalah polimer dari asam amino yang dihubungkan dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung unsur-umsur C, H, O, N, P, S, dan terkadang mengandung unsur logam seperti besi dan tembaga. Lemak, disebut juga lipid, adalah suatu zat yang kaya akan energi, berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh. Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi.
Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita. Unit dasar penyusun struktur protein adalah asam amino. Dengan kata lain protein tersusun atas asam-asam amino yang saling berikatan.
Pada makalah ini diuraikan tentang informasi nilai gizi dan komponen-komponen yang terkandung dalam suatu produk makanan . Melalui makalah ini diharapkan dapat lebih memaksimalkan ketelitian dalam mengamati nilai-nilai gizi yang terkandung dalam suatu produk makanan, sehingga dapat memilih produk makanan yang lebih baik dimasyarakat.


BAB II
ANALISIS KOMPOSISI PRODUK MAKANAN
2.1 JENIS PRODUK SUPLEMEN MINUMAN
Karakteristik Produk
Nama : Sari Bubuk Kedelai Murni METABOLIS
Jenis : Suplemen Minuman
Komposisi : sari kedelai murni
Takaran Saji : 20 gr
Info Nilai Gizi :
Zat Gizi Utama : - Karbohidrat : 66,2 gr ; 33,1 % AKG
Protein : 6,98 gr ; 34,1% AKG
Lemak : 3,62 gr ; 18,1% AKG
Lesitin Kedelai : 0,1 gr
Vitamin dan Mineral : - Vitamin A : 27 gr ; 110 %AKG
-  Vitamin C : 0,91 gr ; 4,55 %AKG
-  Vitamin E : 0,84 gr ; 4,21 %AKG
-  Vitamin B1 : 0,04 gr ; 0,22 %AKG
-  Karoten : 5,4 gr ; 27 %AKG
-  Fe : 0,4 gr ; 1,97 %AKG
-  Ca : 7,62 gr ; 38,13 %AKG
-       Asam Amino :        - Aspartat : 0,5 gr ; 2,52 %AKG         L-Leusina : 0,23 gr ; 1,16 %AKG
-  Glutamat : 0,99 gr ; 4,99 %AKG      Leusina : 0,43 gr ; 2,17 %AKG
-  Serina : 0,27 gr ; 1,38 %AKG           Lisina : 0,37 gr ; 1,87 %AKG
-  Histidina : 0,25 gr ; 1,28 %AKG      Valina : 0,22 gr ; 1,1 %AKG
-  Glisina : 0,31 gr ; 1,55 %AKG          Fenilanina : 0,25 gr ; 1,25 %AKG
-  Throchina : 0,18 gr ; 0,94 %AKG     Nethionina : 0,2 gr ; 0,52 %AKG
-  Arginina : 0,45 gr ; 2,26 %AKG       Tirosina : 0,15 gr ; 0,75 %AKG
-  Alamina : 0,25 gr ; 1,25 %AKG
Pembahasan
            Produk Jenis Suplemen makanan ini diolah secara alami dari kedelai pilihan tanpa tambahan bahan kimia apapun baik pengawet, pewarna, pemanis buatan maupun zat adiktif lainnya. Proses pembuatan METABOLIS adalah:
1.    Butiran kacang kedelai disortir, kemudian dicuci dengan air murni lalu ditiriskan.
2.    Dilakukan proses penguapan dengan suhu tertentu dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, lalu di dinginkan sampai batas tertentu. Proses penguapan ini bertujuan untuk menghilangkan berbagai zat anti-nutrient yang terkandung dalam butiran kedelai mentah.
3.    Butiran kedelai di panaskan dengan oven sampai kering untuk menghilangkan kadar air yang terkandung dalam kedelai.
4.    Pengupasan kulit ari dari butiran kedelai, barulah dilakukan tiga tahap proses penghalusan.
5.    Bubuk kedelai kembali di oven sampai benar-benar kering sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Tahap ini bertujuan untuk menghilangkan kelembaban pada bubuk kedelai agar tidak mudah ditumbuhi jamur yang menyebabkan bau tidak sedap atau cepat kadaluarsa, sehingga tidak perlu penambahan zat pengawet. Selain itu, proses oven dengan suhu dan jangka waktu yang telah diatur ini, untuk lebih mengoptimalkan berbagai senyawa protein yang terkandung dalam kedelai.
6.    Dilakukan penyaringan untuk mendapatkan sari dari bubuk kedelai.
7.    Seluruh tahapan diatas di kerjakan secara higienis sesuai dengan Standard Operational Procedure (SOP) serta quality control yang telah ditetapkan.
Produk ini dapat bertahan lama tanpa bahan pengawet karena proses pengolahan METABOLIS. Selain itu, pengemasan dengan bahan alumunium foil membuat METABOLIS tetap higienis, asal selalu ditempatkan pada tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Dengan kandungan isoflavon dan lesitin soya dalam protein yang dikandung bubuk kedelai METABOLIS, sel-sel tubuh rusak yang mengganggu metabolisme tubuh secara berangsur-angsur diperbaiki. Hingga secara perlahan mampu membantu menyembuhkan berbagai penyakit.
Manfaat Biji Kedelai
§     Kedelai Sebagai Anti Oksidan
            Kedelai mengandung senyawa yang melindungi sel tubuh dari molekul oksigen bebas (Radikal bebas) penyebab terbentuknya kanker dan penuaan dini. Radikal bebas yang beroksidasi dengan kolesterol jahat akan mengakibatkan tumbuhnya plak (lemak) dalam darah.
            Kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kolesterol yang tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk, tapi orang yang kurus tidak berarti kolesterolnya rendah. Ini juga dapat menimpa orang-orang yang masih muda. Berbagai kalangan umur, harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar dapat menjaga kolesterol dalam darahnya tetap normal. Lemak jenuh bermanfaat sebagai sumber energi, alat pengangkut vitamin larut lemak, memberi rasa kenyang, sebagai pelumas, memelihara suhu tubuh dan melindungi organ – organ tubuh., Lemak jenuh memainkan peranan penting dalam fungsi kimiawi tubuh:
·         Asam lemak jenuh memenuhi sedikitnya 50 persen membran sel. Mereka memberikan sel-sel kita integritas dan kekentalan yang diperlukan.
·         Mereka memainkan peranan penting terhadap kesehatan tulang. Agar kalsium dapat bersatu dengan struktur tulang kerangka secara efektif, sedikitnya 50 persen lemak makanan seharusnya mengandung lemak jenuh.
·         Mereka menurunkan Lp (a), substansi dalam darah yang mengindikasi kecenderungan penyakit jantung.
·         Mereka melindungi hati dari alkohol dan racun lainnya, seperti Tylenol.
·         Mereka meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
·         Mereka diperlukan untuk penggunaan asam lemak penting dalam jumlah tepat. Asam lemak omega-3 bertahan lebih lama di dalam jaringan ketika makanan yang masuk kaya akan lemak jenuh.
·         Asam 18-carbon stearic dan asam 16-carbon palmitic adalah jenis asam lemak jenuh yang baik bagi jantung, itulah mengapa di sekitar otot jantung kaya akan lemak jenuh. Jantung mengambil cadangan lemak ini saat mengalami depresi.
·         Asam lemak jenuh dengan rantai pendek dan medium merupakan antimikroba penting. Mereka melindungi kita agar mikroorganisme berbahaya tidak masuk ke dalam pencernaan.
·         Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan yang menyatakan bahwa "penyumbatan arteri" menyebabkan penyakit jantung. Sesungguhnya, evaluasi lemak pada penyumbatan arteri menunjukkan bahwa hanya sekitar 26 persen lemak yang dijenuhkan. Sisanya adalah lemak tidak jenuh, dan lebih dari setengahnya adalah lemak tak jenuh ganda. (Mary Enig. PhD/Sally Falon/The Epoch Time
Struktur :
§     Kedelai Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
            Peptide (Rangkaian Asam Amino) yang terdapat pada kedelai dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai serangan penyakit seperti Alergi dll.
§     Kedelai Penurun Kadar Kolesterol
            Angka-angka dalam penelitian diseluruh dunia, membuktikan bahwa kandungan isoflavon pada kedelai dapat memperbaiki profil lipid, yaitu menurunkan kolesterol dan trigliserida.


§     Kedelai dan Kanker Prostat
            Peran genistin pada kedelai dapat membantu mengontrol keseimbangan hormonal. Menurut para ahli mekanisme penurunan resiko kanker prostat oleh komponen kedelai tersebut, melalui penghambatan proliferasi sel dan menunda atau bahkan menghentikan proses pertumbuhan sel kanker.
§     Kedelai untuk Diabetes
            Pengaruh konsumsi kedelai sangat baik bagi penderita diabetes. Isoflavon pada kedelai berefek pada homeostasis glukosa, sekresi insulin dan metabolisme lipid. Dengan demikian isoflavon mampu mengendalikan glukosa dalam darah penderita diabetes.
§     Kedelai dan Masalah Berat Badan (Obesitas)
            Kedelai merupakan sumber protein diet yang tepat, karena kedelai sangat kaya akan kandungan fitoestrogen seperti isoflavon dan lignan yang berpengaruh pada metabolisme energi.
§     Kedelai dan Masalah Ginjal
            Protein kedelai lebih mudah diterima ginjal, hingga dapat meringankan kerja ginjal. Ini akan membantu mengurangi kerusakan ginjal.
§     Kedelai Ampuh atasi Masalah Pencernaan
            Kandungan serat pada kedelai terbukti membantu atasi masalah pencernaan seperti maag, kanker usus dan susah BAB.
§     Kedelai Kuatkan Tulang dan Atasi Osteoporosis
            lsoflavon kedelai dapat membantu meningkatkan kepekatan tulang, dan konsumsi protein kedelai mengurangi pengeluaran kalsium melalui buang air kecil. Kalsium adalah penting untuk pengecutan otot, pengaktifan oosit, membentuk tulang dan gigi yang kuat, pembekuan darah, penghantaran impuls saraf, pengawalaturan degupan jantung, dan keseimbangan bendalir dalam sel.

§     Kedelai Mengurangi Keluhan saat Menopause
            Dr. Herman Adlercreutz peneliti bidang fitoestrogen membuktikan kandungan isoflavon pada kedelai mampu mengurangi keluhan wanita pada saat menopause.
§     Kedelai mengurangi Resiko Kanker Payudara
            Penelitian tentang pembuluh darah menunjukan senyawa-senyawa dalam kedelai dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara.
            Jadi suplemen minuman ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh setiap orang karena mengandung sari kedelai murni tanpa bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan. Sehingga METABOLIS memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.
MENURUT SNI ( STANDAR NILAI INDONESIA )
            Susu Bubuk merupakan susu yang dibuat melalui atau tanpa proses standarisasi menggunakan komponen-komponen utama susu dan bahan tambahan makanan yang diizinkan sesuai dengan keperluan, yang telah diubah bentuknya menjadi bubuk.
Tabel Spesifikasi Persyaratan Susu Bubuk
NO
JENIS UJI
SATUAN
PERSYARATAN
1.
Keadaan :


1.1
·      Bau
-
Normal
1.2
·      Warna dan Rasa
-
Normal
2.
Air
%, b/b
Maks 4,0
3.
Abu
%, b/b
Maks. 9,0
4.
Protein
%, b/b
Min. 35,0
5.
Lemak
%, b/b
Maks. 1,5
6.
Laktosa
%, b/b
Min. 47,0
7.
Pati
-
Tidak ternyata
8.
Cemaran logam


8.1
Timbal (Pb)
Mg/kg
Maks 0,3
8.2
Tembaga (cu)
Mg/kg
Maks 20,0
8.3
Seng(Zn)
Mg/kg
Maks 40,0
8.4
Timah (Sn)
Mg/kg
Maks 40,0
8.5
Raksa (Hg)
Mg/kg
Maks 0,03
9.
Arsen (As)
mg / Kg
Maks 0,1
10.
Cemaran Mikroba


10.1
Angka Lempeng Total
Koloni/g
Maks. 5 x 105
10.2
Coliform
APM/g
Maks. 1 x 102
10.3
E. coli
APM/g
< 3
10.4
Salmonella
-
Negative/100 g
10.5
S. auraus
Kol/25 g
Maks. 1 x 102














2.2    JENIS PRODUK MAKANAN
Biscuit coklat Togo 

Analisis Komposisi Makanan
 Adapun komposisi dari  Biskuat Coklat TOGO adalah sebagai berikut :
a.        Tepung Terigu
          Tepung terigu adalah suatu jenis tepung yang terbuat dari jenis biji-bijian yaitu gandum.  Biasanya tepung terigu mengandung karbphidrat yaitu amilum. Adapun struktur dari amilum tersebut antara lain.
Struktur :

          Amilim (pati) merupakan bentuk simpanan karbohidrat utama yang dimakan oleh manusia diseluruh dunia. Fungisinya sebagai sumber energi bagi manusia. Pati terdapat dalam padi – padian, biji – bijian, dan umbi – umbian.

b.      Soda Kue
            Natrium bikarbonat atau hidrogen karbonat atau asam karbonat dengan rumus kimia NaHCO3, adalah bahan kimia berbentuk kristal putih yang larut dalam air.Pada skala industri, natrium bikarbonat dapat diproduksi melalui reaksi antara natrium karbonat, air dan gas karbon dioksida. Selain itu, natrium bikarbonat dapat pula dihasilkan dari reaksi antara natrium klorida (NaCl), ammonia (NH3) dan karbon dioksida (CO2).
Struktur :
Fungsi Soda Kue
       Soda kue banyak dipergunakan di dalam industri makanan/biskuit (sebagai baking powder), pengolahan kulit, farmasi, tekstil, kosmetika, pembuatan pasta gigi, pembuatan permet (candy) dan industri pembuatan batik.

c.         Minyak Nabati
            Minyak nabati adalah sejenis minyak yang terbuat dari tetumbuhan yang berbeda. Digunakan dalam makanan dan untuk memasak. Beberapa jenis minyak nabati yang biasa digunakan ialah minyak kelapa sawit Afrika, jagung, zaitun, minyak lobak, kedelai, dan bunga matahari. Margarin adalah mentega buatan yang terbuat dari minyak nabati.
Struktur :

Ø  Fungsi Minyak Nabati
·         Sumber energi
·         Pembawa Vitamin A,D,E,K
·         Mengandung Asam Lemak esensial terutama asam lemak tak jenuh

3). Analisis Kandungan Gizi Minuman
Informasi nilai gizi dari Biskuat coklat krim adalah sebagai berikut :
No
Kandungan
Jumlah (gr)
% AKG

1.
Lemak total
6
11

2.
Protein
2
4

3
Karbohidrat
17
5

4.
Natrium
50
2

5.
Coklat
50
10

6.
Soda kue
5
2

7.
Lesitin
5
8

8.
Susu bubuk
3
3


1.      LEMAK JENUH
a. Fungsi
Lemak jenuh bermanfaat sebagai sumber energi, alat pengangkut vitamin larut lemak, memberi rasa kenyang, sebagai pelumas, memelihara suhu tubuh dan melindungi organ – organ tubuh.
b. Sumber
Sumber nabati : kacang tanah, biji jagung, biji kacang kedele, lemak
Sumber hewani : kuning telur dan minyak ikan tuna

c.Struktur

2.      PROTEIN
a. Fungsi
Biokatalisator (enzim), protein cadangan, alat transpor, protein struktural dan protektif.Dalam tubuh manusia : bertindak sebagai bahan membran sel yang dapat membentuk jaringan pengikat, serta membentuk protein inert dan dapat bertindak sebagai bagian sel yang dapat bergerak
b. Sumber
Sumber nabati : Kentang, Beras, Telur, jagung, kacang tanah, biji kelapa, kacang kedele
Sumber hewani : telur, susu, daging dan ikan
c. Struktur

3.      KARBOHIDRAT
a. Fungsi
Dalam tubuh : berfungsi sebagai sumber dan cadangan energi, juga berperan sebagai pembentuk struktur, pembentuk berbagai senyawa di dalam tubuh.
b. Sumber
Sumber hewani : telur, susu, dan daging
Sumber nabati : beras, jagung, umbi – umbian.
c. Struktur

4.      NATRIUM
a.    Fungsi
Narium bersama-sama dengan klorida membantu menjaga tekanan osmotik di dalam cairan ekstraseluler dan sebagai bahan makanan.
b. Sumber:
Penguat Rasa Mononatrium, garam dapur, ikan asin, dan makanan yang telah diawetkan.
c. Struktur
Na

5.      SODA KUE
a. Fungsi
Natrium bikarbonat atau hidrogen karbonat atau asam karbonat dengan rumus kimia NaHCO3, adalah bahan kimia berbentuk kristal putih yang larut dalam air, yang banyak dipergunakan di dalam industri makanan/biskuit (sebagai baking powder), pengolahan kulit, farmasi, tekstil, kosmetika, pembuatan pasta gigi, pembuatan permet (candy) dan industri pembuatan batik
b. Sumber :
Pada skala industri, natrium bikarbonat dapat diproduksi melalui reaksi antara natrium karbonat, air dan gas karbon dioksida:
Na2CO3 + H2O + CO2 --> 2NaHCO3
Selain itu, natrium bikarbonat dapat pula dihasilkan dari reaksi antara natrium klorida (NaCl), ammonia (NH3) dan karbon dioksida (CO2).
c. Struktur
NaHCO3

6.      LESITIN
a. Fungsi
Sebagai bahan pengemulsi sehingga menjadi bahan campuran dalam pembuatan margarine. Pada umumnya, surfaktan lesitin yang digunakan dalam industri makanan merupakan produk samping dari industri minyak nabati. Pada penelitian ini, lesitin diekstrak dari minyak kedelai untuk memenuhi spesifikasi makanan. Minyak kedelai diekstraksi dari biji kedelai dengan menggunakan pelarut kimia. Untuk memisahkan lesitin dari minyak kedelai digunakan teknik hidrasi. Lesitin yang terkandung dalam kedelai juga dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskuler karena memiliki sifat emulsif terhadap lemak sehingga dapat menetralkan atau menormalkan lemak di dalam darah dalam waktu singkat. Selain itu, kandungan isoflavon yang terserap dalam protein kedelai juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol darah. Maka tidak mengherankan jika Food and Drug Administration menyatakan bahwa konsumsi 25 g protein kedelai dalam sehari sebagai bagian dari diet rendah lemak dan kolesterol dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
b. Sumber
Terdapat pada hati, ikan, telur hewan laut sepserti uadang dan kepiting.
c. Struktur





MENURUT SNI ( STANDAR NILAI INDONESIA )
            Biscuit adalah produk makanan kering yang dibuat dengan memanggang adonan yang mengandung bahan dasar terigu, lemak dan bahan pengembang, dengan atau tanpa penambahan makanan dan bahan tambahan makanan lain yan diizinkan.
Tabel Spesifikasi Persyaratan Mutu Biskuit
NO
JENIS UJI
SATUAN
PERSYARATAN
1
Keadaan :


1.1
·      Bau
-
Normal
1.2
·      Rasa
-
Normal
1.3
·      Warna
-
Normal
1.4
·      Tekstur
-
Normal
2.
Air
%, b/b
Maks. 5
3.
Protein
%, b/b
Min. 6
4.
Abu
%, b/L
Maks. 2
5.
Bahan Tambahan Makanan


5.1
Pewarna
mg / Kg
Sesuai SNI. 0222-M No.722/Men. Kes/Per/IX/88
5.2
Pemanis
-
Tidak boleh ada
6
Cemaran Logam


6.1
Tembaga (Cu)
Mg/kg
Maks 10,0
6.2
Timbal (Pb)
mg/kg
Maks 1,0
6.3
Seng (Zn)
Mg/kg
Maks 40,0
6.4
Raksa (Hg)
mg / Kg
Maks 0,05
7.
Arsen (As)
mg/kg
Maks. 0,5
8.
Cemaran mikroba


8.1
Angka Lempeng Total
Koloni/g
Maks. 1,0 x 106
8.2
Coliform
APM/g
Maks. 20
8.3
E. coli
APM/g
< 3
8.4
Kapang
Koloni/g
Maks. 1,0 x 102











2.3    JENIS PRODUK MINUMAN
  
2.3.1 Krakteristik
-  Analisis Kemasan
Tanggal Kadaluarsa Makanan             : 17 Mei 2010
Kode Makanan                                   : 8997035563414
Label                                                   : HALAL MUI (Majelis Ulama Indonesia)
BPOM RI MD                                                : 249209001463

-       Analisis Komposisi Makanan
 Adapun komposisi dari  Pocari Sweat adalah sebagai berikut :
a.    Gula (Karbohidrat)
            Gula yang berasal dari minuman ini termasuk golongan oligosakarida yaitu Sukrosa. Dengan hidrolisis sukrosa akan terpecah dan menghasilkan glukosa dan fruktosa.


Struktur :
Sukrosa (berbeda dengan maltosa dan laktosa, ikatan yang menghubungkan kedua monosakarida adalah ikatan C1-2)
Ø Fungsi Karbohidrat
            Fungsi primer dari karbohidrat adalah sebagai cadangan energi jangka pendek (gula merupakan sumber energi). Fungsi sekunder dari karbohidrat adalah sebagai cadangan energi jangka menengah (pati untuk tumbuhan dan glikogen untuk hewan dan manusia). Fungsi lainnya adalah sebagai komponen struktural sel.
b.        Asam Sitrat
            Sumber Asam sitrat adalah asam organik yang banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Konsentrasi tertinggi terdapat pada buah lemon dan jeruk nipis yaitu sekitar 8 % dari beratIndustri makanan dan minuman banyak menggunakan  asam sitrat. Pemilihan jenis asam ini dikarenakan mampu memberikan penggabungan khas dari sifat-sifat yang diinginkan dan dipasaran tersedia dalam jumlah besar.
Struktur :


Ø Fungsi Asam Sitrat
            Merupakan bahan tambahan pangan yang mempunyai fungsi bervariasi. Industri makanan dan minuman kebanyakan mengkonsumsinya untuk mempertegas flavor dan warna. Fungsi lainnya adalah mengontrol keasaman. Pengontrolan pH yang tepat akan mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan bertindak sebagai pengawet serta membantu mencegah terjadinya reaksi pencoklatan (Hui, 1992).
Tabel 4  Sifat-Sifat Asam Sitrat.
Karakteristik
Asam sitrat
Nama lain
Rumus kimia
Berat molekul
Densitas
Pka
Asam 2-hidroksi-1,2,3-propan trikarboksilat
C6H8O7
192
1,665 x 103 kg/m3
8,2 x 10-4
Sumber : Wikipedia (2004)
c.         Natrium Klorida
            Garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam. Larutan garam dalam air merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, misalnya sitoplasma dan darah.
Struktur :


Ø Fungsi Garam
·      Melunakkan Daging dan Mengangkat Jamur
·      Meredam Aroma dan Cegah Rumput Liar
·      Penghilang Noda dan Usir Bau Tak Sedap
d.        Natrium Sitrat dan Kalium Klorida
            Merupakan mineral dengan konsentrasi terbesar  yang terbawa bersama dengan keluarnya  air keringat. Berfungsi sebagai mineral utama di dalam  tubuh, ketiganya mempunyai peranan penting dalam menjaga keseimbangan cairan  tubuh (fluid balance), membantu proses penyerapan cairan dan energi serta  juga mengoptimasi proses rehidrasi. Saat berolahraga, berkurangnya konsentrasi ketiga mineral tersebut di dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesimbangan cairan di dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya kram otot serta terhambatnya laju produksi energi tubuh.
Struktur  Natrium Sitrat :
Struktur Kalium Klorida :
Ø Fungsi Natrium Sitrat dan Kalium Klorida
            Natrium sitrat selain  memperkaya cita rasa juga  dapat berfungsi untuk meningkatkan performa olahraga. Natrium sitrat dapat mencegah akumulasi asam laktat di dalam otot yang biasanya terbentuk saat melakukan  kegiatan olahraga dengan intensitas tinggi yang bertenaga.

e.         Kalsium Laktat  
            Kalsium merupakan mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih besar dibanding mineral lainnya. Kalsium dalam tubuh sekitar 99 persen berada di dalam jaringan keras yaitu tulang dan gigi. Sedangkan 1 persen kalsium berperan untuk mengatur fungsi sel, untuk transmisi syaraf, kontraksi otot, penggumpalan darah, menjaga permeabilitas membran sel, mengatur fungsi hormon sebagai faktor pertumbuhan. Kalsium tulang berada dalam keadaan seimbang dengan kalsium plasma pada konsentrasi kurang lebih 2,25 - 2,60 mmol/1 (9-10,4 mg/100ml).
Struktur :
Ø  Fungsi Kalsium Laktat
            Penyerapan pada laki-laki lebih tinggi daripada perempuan pada semua golongan usia. Tulang pada tubuh manusia bukanlah benda yang statis, namun merupakan jaringan hidup yang dinamis, menyerap dan melepaskan kalsium terus-menerus. Dalam keadaan normal, tulang senantiasa berada dalam keadaan seimbang antara proses pembentukan dan penghancuran. Pada usia anak-anak hingga usia remaja adalah usia penting untuk menabung kalsium dalam tulang. Pada usia remaja 75 - 85 persen massa tulang yang akan dimiliki pada saat dewasa telah terbentuk.
f.         Magnasium Karbonat
            Magnesium tergolong logam ringan, dan tahan terhadap karat berkat lapisan oksida magnesium.Magnesium alloy dapat di tuang pada cetakan pasir dan juga dapat dilas dan di mesin.Biji magnesium yang banyak kita kenal adalah Magnesit/ Magnesium karbonat) MgCO3, Dolomite CaCO3, MgCO3, carolite MgCl2KCl6 H2O.Proses pemurnian magnesium dapat dilakukan dengan metode thermal.

       Struktur :
Ø  Fungsi Magnesium Karbonat
            Fungsi atau kegunaan dari magnesium adalah sebagai zat yang membentuk sel     darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin.
g.        Air
            Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.
Struktur :
             
 (Ikatan hidrogen antar molekul air yang membuatnya dapat membentuk kelompok atau klaster)
Ø Fungsi Air
            Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari, namun hasil penelitian yang diterbitkan Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi sejumlah 8 gelas tersebut tidak terbukti banyak membantu dalam menyehatkan tubuh.  Malah terkadang untuk beberapa orang, jika meminum air lebih banyak atau berlebihan dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ketergantungan. Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi satu liter air per hari, dengan tambahan bila berolahraga atau pada cuaca yang panas.

0 komentar:

Posting Komentar